7 Alasan Mengapa Anak Sulit Makan dan mengisap Makanan

Ibu menghadapi anak Memiliki kesulitan makan?


Biasanya, ketika anak-anak mulai mencoba untuk makan berbagai makanan, cenderung lebih sulit untuk makan. Beberapa karakteristik anak makan, antaralain ia hanya ingin makan jenis makanan itu saja, suka mengunyah makanan untuk waktu yang lama, atau menolak makanan selain makanan cepat saji.

Alasan mengapa anak sulit makan

Kesulitan kebiasaan makan yang terjadi pada anak Anda tidak muncul tiba-tiba. Ada beberapa alasan di balik itu, seperti:
  • Miskin Cara Makan

    Biasakan anak Anda mengikuti prosedur dapat mulai makan sejak ia mulai makan makanan padat. Ibu dapat membiasakan anak Anda untuk makan menggunakan kursi tinggi atau duduk di meja makan.Tak terlambat untuk menerapkan kebiasaan baik ini. Jika berhasil dilaksanakan, masalah anak yang sulit makan pasti dapat dihindari.

    Selain itu, kami juga bisa mengajarkan cara makan, seperti melarang anakberbicara ketika tidak ada makanan di mulutnya. Hal ini sangat penting bahwa ia tidak muntah dan tersedak. Anak-anak selalu meniru bagaimana orang tua berperilaku di meja makan, sehingga memberikan contoh perilaku yang baik sehingga kecilmengikutinya yaa. Jangan lupa untuk memberikan pujian ketika dia berperilaku baik di meja makan.
  • Alergi Makanan

    Ketika seorang anak memiliki alergi makanan, tubuh bereaksi dengan melepaskan serangan pada sistem kekebalan tubuh. Ini juga bisa menjadi penyebab anak sulit makan. Kadang-kadang tubuh menghasilkan antibodi yang disebut IgE, protein yang dapat mendeteksi makanan. Ketika anak-anak makan makanan yang memicu alergi lagi, tubuh akan sinyal sistem kekebalan tubuh untuk melepaskan anak histamin dalam rangka melawan alergen. Hal ini dapat menyebabkan gejala alergi bisa ringan atau berat. Gejala alergi biasanya muncul dalam hitungan menit atau dua jam setelah anak makan makanan tertentu. Anak mungkin mengeluh lidah atau mulut gatal atau terbakar mata mungkin gatal, ruam, atau kesulitan bernapas.
  • Lebih memilih makanan tertentu

    Wajar bila anak kecil menghabiskan beberapa hari atau minggu untuk hanya ingin makan satu atau dua jenis makanan. Salah satu penyebab kenapaanak sulit untuk makan seperti ini adalah karena ia lebih suka denganmakanan yang terasa familiar di lidah. Jadi jangan heran jika kecilmemilih ayam untuk sarapan, makan siang, dan makan malam goreng. Ini sehingga Anda tahu bagaimana menunjukkan kemerdekaan mereka. Bu Tenang, si kecil tidak akan kekurangan nutrisi pula, meskipun ia hanya makan ayam goreng saja selama seminggu. Tetap sabar dan terus menawarkan berbagai makanan sehat tanpa memaksa anak untuk makan, ya.

    Adalah normal jika anak bebas untuk mencoba makanan baru, tapi Ibu mencoba untuk menyajikan berulang kali. Alasan mengapa anak-anak susahh makan seperti ini bisa disebabkan oleh perubahan kebutuhan gizi bayi. anak pertumbuhan terlalupesat tidak seperti pada tahun pertama, jadi dia kurang tertarik pada makanan dan tidak makan banyak saat ia tumbuh. Dia juga menjadi lebih mandiri dan belajar untuk menentukan pilihan mereka sendiri. Meskipun anak-anak yang sulit makan make orang tua frustrasi, tidak memberikan yaa! Mendorong dia untuk mencoba makanan sehat. Jika dia menolak di makan sesi, menawarkan lebih dari makanan ini sebagai makanan ringan di sore hari.
  • Menolak Untuk Makan

    Salah satu yang paling kemampuan balita Ibu ditunggu-tunggu adalah makan sendiri. Ketika mencapai tonggak ini, dia bisa mengontrol apa yang Anda inginkan untuk dimasukkan ke dalam mulut. Jadi jangan heran jika ia sangat keras kepala untuk memilih apa yang mereka inginkan dan tidak ingin dimakan. Suatu hari, dia bisa makan makanan yang sama selama berhari-hari, tapi tiba-tiba ia juga bisa berubah pikiran dan ingin mencoba sesuatu yang sangat berbeda. Jangan khawatir, perilaku anak sulit makan seperti ini.
  • Sembelit

    Anak susah makan itu bisa disebabkan oleh sembelit. Sembelit terjadi ketika tubuh memproduksi keras dan kering tinja. Hal ini sering terjadi pada anak-anak. Hal ini biasanya terjadi karena keciltidak minum cukup cairan. Tapi kadangbersifat sembelit kronis, bisa disebabkan oleh otot-otot usus menjadi lemah, membuat anak lebih sulit untuk buang air besar.

    Jika ini terjadi terlalu sering, orang-orang kecil bisa merasakan trauma buang air besar karena sakit. Untuk menghindari hal ini, pastikan anak mendapat cukup cairan. Air dan jus buah menjadi pilihan yang tepat. Sajikan makanan kaya serat, seperti brokoli dan sereal, tapi jangan berlebihan, ya Bu.

    Cara mudah untuk mengetahui berapa gram serat harus dimakan oleh anak-anak setiap hari adalah dengan menambahkan 5 pada usianya. Misalnya, anak usia 2 tahun membutuhkan 7 gram (2 + 5) serat per hari. Sampai masalah teratasi sembelit, makanan hindari yang menyebabkan sembelit seperti pisang dan keju.
  • Muntah

    Refleks muntah adalah respon otomatis dari tubuh yang mencegah anak mengalami tersedak. si kecil Anda bisa muntah karena ada sesuatu yang tidak seharusnya masuk ke mulut. Tetapi anak-anak juga bisa muntah saat makan terlalu cepat atau ada terlalu banyak makanan di dalam mulut.

    Muntah juga bisa disebabkan ketika anak tidak suka rasa atau tekstur makanan yang dia makan. Jika Anda memiliki ini, anak tentu sulit untuk makan. Sehingga anak Anda tidak muntah saat makan, pastikan itu selalu dalam keadaan santai saat makan. Sebisa mungkin ia tidak berjalan ketika itu, jangan lupa makanan untukmemotong sangat kecil, dan menghindari makanan berisiko menyebabkan tersedak seperti anggur utuh, kismis, kacang atau popcorn.

Ajarkan anak Anda untuk mengambil sedikit makanan, dan mendorong dia untuk mengunyah sampai halus, dan menelan sebelum mengambil makanan lainnya. Jangan pernah meninggalkan anak sendirian sementara dia makan. Ketika dia sering muntah ketika minum air dengan makanan, dia bisa mencegahnya dengan memberikan minum setelah ia selesai makan.

Anak-anak suka mengunyah makanan

Banyak orang tua yanganaknya seperti mengisap makanan di mulutnya. Ketika anak, mengisap makanan di mulut dan tidak menelannya, itu pasti akan membuat kita kesal dan tidak sabar. Tapi jangan salah, anak juga bisa stres, Anda tahu kapan ini terjadi. jadi jangan heran jika makanan akhirnyawaktu bisa bertahan selama berjam-jam dan anak menolak untuk makan sama sekali.

Apa yang bisa Ibu lakukan ketika anak-anak kesulitan makan dan mengisap makanan?

Kesabaran orang tua akan kehabisan saatmenyuapi pemakan rewel anak yang tidak akan menerima makanan baru, bermain dengan makanan, atau terlalu lama mengemutmakanan di mulutnya. Sekarang, untuk mengatasi kondisi ini, coba deh cara berikut:

Ketika anak Anda makanAjak memasang timer selama 20 sampai 30 menit sebagai durasi waktu makan dan menceritakan bahwa ketika suara timer, berarti waktu makan juga telah selesai. Hal ini akan membantu know anak berapa lama dia bisa duduk untuk makan.

Jika Anda merasa makan masalah yang terjadi dalam satu kecil ini cukup parah, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter anak untuk mengetahui apakah anak memiliki masalah kesehatan yang perlu penanganan khusus atau tidak.

Memang, mengisap makanan di mulut bukanlah hal untuk khawatir tentang, tapi jika anak melakukannya terlalu lama, bisa meningkatkan risiko tersedak atau membuat bayi Anda menerima nutrisi burukdan mengalami masalah kesehatan.

Anda juga perlu memperhatikan, ketika anak-anak lebih memilih makanan dengan tekstur lebih lembut dan sering air minum untuk menelan makanan, dia harus berkonsultasi anak ke dokter anak. Hal ini untuk membantu mengidentifikasi apakah masalah anak yang kesulitan fisik makan atau tidak. Ketika sifat fisik, dokter anak akan memberikan solusi yang terbaik.


Nah, berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan jika ibu anak sulit makan:

  • Sebelum Waktu Makan

    Ketika anak-anak biasanya makan makanan ringan di antara waktu makan, ia mungkin merasa kenyang dalam sesi makan besar. Jika Anda merasa ini adalah mengapa anak-anak makan, cobalah untuk membatasi asupan makanan ringan sebelum makan.
  • Ketika Makan

    Ketika membujuk anak untuk makan, yang Anda terus-menerus mengomel untuk membuatnya menghabiskan makanan? Karena kami terus berbicara dengan anak-anak selama makan sesi, ternyata itu bisa menjadi gangguan baginya. Anak begitu menikmati semua perhatian yang dia bisa dan dia akan termotivasi untuk melanjutkan perilaku buruk.

    Untuk memastikan apakah ini membuat makan anak, ibu bisa duduk bersamanya saat ia makan dan berbicara batas dengan kecil.Ibu bisa memberikan pujian cukup ketikaia menelan makanan.

    Jika bayi Anda menikmati perhatian yang Ibu berikan, ia dapat dengan cepat belajar jika menelan adalah cara untuk mendapatkan perhatian Anda, tidak mengisap makanan di dalam mulut. Hal ini juga mengajarkan anak-anak untuk berbicara hanya ketika mulutnya kosong.
  • Setelah Makan

    Apakah ada aktivitas setelah makan dia tidak suka? Misalnya, ia harus tidur siang, mandi, atau anak-anak saat bermain sendiri saat Ibu mencuci piring setelah dia selesai makan?

    Nah, kemungkinan besar, agak sulit untuk makan untuk memperpanjangwaktu makan agar tidak menghadapi aktivitas tersebut.Jika ini sehingga masalah, cobalah untuk merencanakan kegiatan yang lebih menyenangkan setelah makan sehingga ia termotivasi untuk menyelesaikan makanannya lebih cepat.

    Bila Anda telah melakukan semua upaya dan tidak ada yang berhasil untuk mengatasi kebiasaan anak sulit makan, waktu itu untuk berkonsultasi dokter anak.

Tips untuk mengatasi anak-anak yang suka mengunyah makanan

Ibu tidak tahu, menghisap makanan bisa menjadi gejala diagnostik kesulitan motorik oral sensorik pada anak-anak Anda tahu. Ketika anak bisa mengatasi kesulitan dari sensorik-oral, serta meningkatkan gerakan lidah, bibir, dan pipi sementara mengunyah, menghisap kebiasaan makanan biasanya akan hilang.

Nah, untuk mengatasi anak-anak yang suka mengunyah makanan, ia dapat melakukan hal berikut:

Ketika mengisap makanan terjadi karena kesadaran sensorik yang buruk:

Merangsang mulut bayi Anda sebelum, selama, dan setelah makan makanan pedas, renyah, dingin atau berkarbonasi. Makanan ini dapat membantu anak-anak menjadi lebih sadar mulutnya dan gerakan lisan set lebih efektif. Makanan seperti acar dan wortel mentah juga dapat diberikan kepadanya. air mineral berkarbonasi bisa diminum ketika anak mengisap makanan. Ibu juga dapat menambahkan jus lemon ke dalam air ketika anak menolak untuk meminumnya. Selain itu, dia juga bisa menambahkan lebih banyak es pada jenis minuman yang akan diberikan kepada anak.

Minta anak untuk mengunyah es sebelum dan selama makan. Ini akan membuat terjaga mulut, juga menurunkan ketidaknyamanan anak selama makan.

Gunakan cermin kecil di atas meja, dan memiliki anak-anak melihat mulutnya sebelum menerima makanan dan setelah makan. Bantuan anak-anak mengenali apa itu seperti mulut yang kosong.

Ketika mengisap makanan yang disebabkan oleh penurunan kemampuan mengunyah dan gerak mulut yang buruk:

Olesi sisi lidah saat menyikat gigi. Hal ini bisa membantu lateralisasi lidah mengambil anak untuk mengunyah. Coba sikat gigi listrik ketika anak ingin menggunakannya

Siapkan stimulasi sensorik yang kuat, atau sering di bagian dalam pipi. Hal ini dapat dilakukan dengan sikat atau mendorong terhadap bagian dalam pipi dengan jari. Mengunyah terjadi berkat kerja sama antara lidah dan pipi. Seringkali, mengunyah koordinasi yang buruk disebabkan oleh pipi tidak aktif.

Bagaimana Bunda? Jangan-jangan sedang mengalaminya ya?

Silahkan komen di bawah, apa yang biasa dilakukan


LihatTutupKomentar